Jambore PKK Ke 7 Tingkat Kabupaten Paluta Berlangsung Meriah

Sebarkan:
Ketua TP PKK Paluta Ny Ade Aan Andar Harahap menyerahkan piala bergilir kepada camat Batang Onang sebagai juara umum Jambore kader PKK ke 7 tahun 2019 tingkat kabupaten Paluta.
PALUTA | Pelaksanaan jambore kader Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) ke 7 tingkat kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) yang digelar di gedung aula kantor Bupati Paluta berlangsung meriah, Rabu (23/10/2019).

Jambore kader PKK ke 7 tahun 2019 tingkat kabupaten Paluta yang mengangkat tema ‘tingkatkan kinerja kader PKK melalui pengelolaan tertib administrasi’ dihadiri oleh Bupati Paluta Andar Amin Harahap SSTP MSi, wabup Paluta H Hariro Harahap SE MSi, ketua TP PKK Paluta Ny Ade Aan Andar Amin Harahap, wakil ketua TP PKK Ny Masdoripah Hariro Harahap, pimpinan OPD Paluta, Camat se kabupaten Paluta, Persit KCK Paluta, GIAD Paluta, Bhayangkari Paluta, kader PKK se kabupaten Paluta dan peserta jambore beserta undangan lainnya.

Ketua TP PKK Kabupaten Paluta Ny Ade Aan Andar Amin Harahap dalam laporannya mengatakan kegiatan jambore ini dimaksudkan aktualisasi bagi kader dan jajaran pengurus untuk bisa mencapai tujuan dimana dalam program ini dapat memupuk kemandirian, keaktifan gerak PKK dan mempunyai arti penting bagi Pemkab Paluta.

Katanya, kiprah PKK telah memberikan kontribusi nyata dalam mendukung pelaksanaan pembangunan, sehingga dukungan dan fasilitasi pemerintah merupakan hal yang wajar diberikan terhadap lembaga ini.

"Perlu adanya pemahaman terhadap manajemen pemerintah dan manajemen pembangunan yang terkait erat dengan posisi dan peranan PKK sebagai mitra kerja pemerintah sehingga program yang dilaksanakan secara operasional oleh tim penggerak PKK selaras dengan program pemerintah," ujarnya.

Lanjutnya, arti pentingnya pelaksanaan jambore kader PKK adalah untuk meningkatkan kapasitas, wawasan dan motivasi kader PKK sekaligus sebagai bentuk media interaksi dalam menunjang dan terwujudnya keluarga sejahtera serta memberikan penghargaan kepada kader PKK yang berprestasi dalam pelaksanaan 10 program pokok PKK.

Ade menambahkan, Jambore kader PKK ke 7 tingkat kabupaten Paluta tahun 2019 yang diikuti oleh tim penggerak PKK kecamatan, desa/kelurahan dan kader PKK terpilih se kabupaten Paluta dengan tujuan sebagai sarana perkenalan dan silaturrahmi meningkatkan kebersamaan dan kekeluargaan, dan mempererat kekompakan, persaudaraan antar anggota TP PKK se kabupaten Paluta.

"Melalui jambore ini diharapkan tercapainya persamaan persepsi tentang kebijakan pemerintah dan gerakan PKK secara nasional khususnya dalam menyingsong Rakernas 2020 dan memberikan motivasi kepada kader PKK dengan adanya testimoni dari pemenang lomba kegiatan," harapnya.

Mengakhir laporannya, Ade meminta kepada Bupati Paluta sebagai pembina TP PKK Paluta dan terkhusus kepada para pimpinan OPD terkait agar lebih memperhatikan kegiatan PKK dalam pelaksanaan 10 program PKK kedepannya.

Sementara itu Bupati Paluta Andar Amin Harahap SSTP MSi menyambut baik pelaksanaan jambore pada tahun ini karena tentunya melalui pelaksanaan jambore ini mendukung program pemerintah daerah dalam mewujudkan kabupaten Paluta yang beriman, cerdas, maju dan beradab yang diawali di dalam keluarga.

Ia juga berharap adanya inovasi kegiatan bagi jajaran pengurus dan kader untuk menciptakan kesejahteraan di dalam keluarga serta kesejahteraan masyarakat di seluruh wilayah kabupaten Paluta.

"TP PKK adalah mitra kerja pemerintah yang menjadi ujung tombak dalam pembangunan dan memberdayakan masyarakat," ujarnya.

Sebab katanya, dari keluargalah diharapkan dapat lahir generasi penerus bangsa yang dapat menerima dan meneruskan tongkat estafet pembangunan khususnya di kabupaten Paluta.

Karena itu, melalui jambore ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan, kemampuan, motivasi dan peran serta tim dan kader penggerak PKK dalam pemberdayaan dan pembinaan masyarakat kedepannya.

"Semoga kegiatan ini dapat memupuk wadah kebersamaan, silaturrahmi dan saling berbagi pengalaman sekaligus sebagai ajang meningkatkan kemampuan yang ada pada setiap kader PKK," harapnya.

Andar juga berharap output dari berbagai perlombaan yang digelar dalam kegiatan ini dapat melahirkan keterampilan dan kreatifitas yang tinggi dari para kader sehingga masyarakat dapat lebih berdaya dan maju.

Adapun rangkaian kegiatan perlombaan jambore ke 7 tingkat kabupaten Paluta yang di laksanakan  pada tahun ini adalah lomba penyuluhan tertib administrasi PKK, penyuluhan admistrasi Pokja I,  penyuluhan admistrasi Pokja II, penyuluhan admistrasi Pokja III, penyuluhan admistrasi Pokja IV, fashion show, lomba gembira yel yel 10 program PKK dan lomba parade defile etnik Sumut yang diikuti oleh ratusan kader PKK di 12 Kecamatan.

Untuk juara umum dari seluruh kategori dan berhak membawa pulang piala bergilir Jambore PKK Kabupaten Paluta tahun 2019 diraih oleh TP PKK Kecamatan Batang Onang.(mar)
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini