Peresmian Kawasan Lahan Zona Otorita Danau Toba Dihadiri oleh Tiga Menteri

Sebarkan:
TOBASA | Dalam rangka pengembangan pariwisata di lahan zona otorita Danau Toba, dalam menyelenggarakan kegiatan peresmian kawasan "Toba Kaldera Resort" dimana akan dilaksanakan peletakan batu pertama.

Untuk pembangunan Glamping menandakan dimulainya pembangunan infrastruktur kawasan oleh bapak Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan bertempat di Lokasi Kaldera BODT Sibisa, Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba Samosir Sumatera Utara Senin (14/19/2019).

Dirut Arie Prasetyo dalam sambutannya menyampaikan bahwa ini merupakan amanah dari Perpres nomor 49 Tahun 2019 yang lahannya sudah diberikan kepada Badan Otorita Danau Toba (BODT). "bahwa ini menjadi salah satu tugas yang dibebankan kepada badan otorita yang lahannya dalam bentuk hak pengelolaan diberikan kepada badan otorita setelah melalui proses selama kurang lebih dua tahun terakhir.


Maka total 386,72 Ha sudah dilepaskan oleh kementerian lingkungan hidup untuk menjadi BODT atau lahan zona otorita nanti akan diresmikan oleh Pak Menko dari itu 279 Ha sudah  dan seratus tujuh hektar dalam proses untuk sertifikat HPL di kementerian.

Poin kedua adalah pembangunan infrastruktur tadi sebelum ke sini kami mengajak pak menko dan para untuk mengunjungi progres pembangunan jalan infrastruktur terima kasih kepada kementerian PUPR khususnya kepada Balai Besar Jalan Nasional Sumatera Utara Pak Slamet dan tim yang sudah merealisasikan pembangunan jalan sepanjang 1,9 Meter dengan lebar 18 meter di area selatan dari lahan zona otorita jadi total jalan yang akan dibangun kurang lebih 8,8 KM  dan tahun ini akan diselesaikan 1,9 Meter sisanya akan diselesaikan pada tahun 2020.

Selanjutnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan dalam sambutannya mengatakan bahwa Pak Luhut, sempat bincang-bincang dengan Pak Presiden RI Jokowi terkait hal BODT agar jangan sampai ada kampung yang dirugikan atau digusur.

"Saya bilang, tidak ada yang akan digusur dilokasi tersebut. Sigapiton tempatnya dibawah Pak, itu kita jaga. Secara khusus masyarakat Sigapiton, saudara jangan mau diprovokasi oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Datanglah kepada saya, dimana saja, kapan saja dimana saudara mau. Tapi, harus benar-benar diposisikan," ujar Luhut Panjaitan.

Selanjutnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Pariwisata Arief Yahya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Direktur Utama BPODT Arie Prasetyo, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi didampingi oleh para Bupati Sekawasan Danau Toba, lakukan peletakan batu pertama di lokasi Kaldera Resort Nomadic.

Acara Peresmian Kawasan Lahan Zona Otorita Danau Toba tersebut juga Turut dihadiri oleh Kementerian PUPR, Kementerian Keuangan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Investor OT Agung Concern, Investor PT ARCS House, Investor PT Crystal Land Development, Investor PT Gamaland Tiba Properti, Investor PT Indah Toba Mas, Investor PT Heritage Resort and Spas, Kapolda Sumut diwakili oleh Karo Ops  Kombes Pol M Ginting, mewakili Pangdam l Bukit Barisan Danrem 0230 Kolonel Tri Sakti, Kapolres Tobasa AKBP Agus Waluyo, Bupati Tobasa Darwin Siagian, Bupati Samosir Rapidin Simbolon, Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor, mewakili Bupati Simalungun Sekdakab Gideon Purba, mewakili Bupati Taput, mewakili Bupati Dairi, mewakili Bupati Pakpak Barat, mewakili Bupati Karo, Tokoh Masyarakat Pardamean Sibisa Pontas Sirait, Pahala Sirait, Tokoh Masyarakat Motung, Tokoh Masyarakat Sigapiton, Camat Lumban Julu Alfaret Manurung, Camat Ajibata Tigor Sirait serta beberapa undangan lainnya. (OS)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini