Pemkab Tapsel Terima Dana Transfer Rp1,998Triliun, Gubsu : Saya minta ke walikota dan Bupati Segera Realisasi jangan di tumpuk di Bank

Sebarkan:


TAPSEL |
Bupati Tapanuli Selatan H. Dolly Pasaribu mengikuti kegiatan Penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Daftar Alokasi TKDD Tahun Anggaran 2023, di Aula Tengku Rizal Nurdin Rumah Dinas Gubsu, Medan, Jumat (2/12/2022).

APBN 2023 untuk Sumatera Utara, dijelaskan Gubernur Sumatra Utara, berjumlah Rp63,60 triliun yang terdiri dari dana transfer ke daerah dan dana desa sebesar Rp41,55 triliun, dan untuk belanja kementerian/lembaga di Sumut sebesar Rp22,05 triliun.

Dikataknaya, pertumbuhan ekonomi di Sumut terhalang oleh pandemi virus Corona.

"COVID itu yang kita fitnah, karena COVID kita minus. Kalau nggak ada COVID pun mungkin susah juga untuk mempertahankan kondisi ini. 2020 kita minus 3,4 persen," jelas Edy

Kalau nggak ada COVID pun mungkin susah juga untuk mempertahankan kondisi ini. 2020 kita minus 3,4 persen," jelas Edy

Edy menegaskan, kepada walikota/bupati untuk mempercepat realisasi anggaran, guna mepercepat pertumbuhan ekonomi. Kepada kepala daerah, anggaran setelah di terima jangan ditumpuk di bank. Agar pada tanggal 2 Januari 2023 sudah running. 

"Segerakan pengesahan APBD di DPRD bapak masing-masing, kita harus cepat apalagi tahun depan diprediksikan akan sulit,” sebut nya.

Senada, Bupati Tapsel H Dolly Pasaribu menyebutkan dana Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) ini akan langsung di relokasikan dengan transparan guna percepatan pembangunan sehingga dapat memberikan manfaat untuk pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Tapanuli Selatan

"Sementara untuk Kabupaten Tapsel alokasi dana transfer ke daerah dan dana desa (TKDD) tahun anggaran 2023 sebesar Rp1,198 triliun yang meliputi Dana Bagi Hasil (DBH) sebesar Rp.151,89 milyar, Dana Alokasi Umum (DAU) sebesar Rp.616,39 milyar, Alokasi DAK Fisik sebesar Rp.118,19 milyar, Alokasi DAK Non Fisik sebesar Rp.152,67 milyar dan Dana Desa sebesar Rp.158,86 milyar",terang Dolly.

Hadir pada acara penyerahan DIPA dan TKD Sumut antara lain Pangdam I/BB Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin, Kapolda Sumut Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak, Sekdaprov Sumut Arief S Trinugroho, serta unsur Forkopimda lainnya. Hadir juga Kepala Perwakilan BPK Provinsi Sumut Eydu Oktain Panjaitan, bupati/wali kota se-Sumut, serta OPD terkait. (Hrp/Hkm) 

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini