Dinas Pariwisata Paluta Dukung Rencana Pembentukan Forum Komunikasi Anak-Cucu Pejuang 45'

Sebarkan:
PALUTA | Kadis Pariwisata Kabupaten Padang lawas utara (Paluta) Eva Sartika Siregar,SH,M.Kn  mendukung rencana pembentukan Forum Komunikasi Anak Cucu Pejuang Legiun Veteran 1945'  yang bertujuan untuk menjalin silaturrahmi antar sesama keluarga pejuang 45' serta juga untuk  menggali  cerita sejarah  perjalanan panjang para tokoh-tokoh Pejuang 45' asal daerah Paluta dalam merebut kemerdekaan RI. Kamis (17/10/2019).

Hal itu disampaikan Ginda Nugraha Parlaungan Harahap yakni  salah satu cucu almarhum Baginda Parlaungan Harahap Pejuang legiun veteran 45'  asal daerah Paluta saat koordinasi dengan Dinas Pariwisata Paluta terkait rencana pembentukan Forum tersebut.

"Gagasan ini muncul difikiran saya  karena ada rencana jangka panjang Pemkab Paluta untuk mendirikan museum sejarah dan kebudayaan Paluta,makanya saya konsultasi dengan Dinas Pariwisata" Ujar Ginda.

Rencana selanjutnya kata Ginda, akan bersilaturrahmi dan berkoordinasi serta minta dukungan dari Koramil05/PB KODIM 0212/TS dan juga  untuk menghimpun data nama nama pejuang 45 asal daerah Paluta,kemudian menjejaki keluarganya untuk mendata apa saja peninggalan para tokoh tokoh pejuang tersebut yang masih disimpan oleh keluarganya.

"Kemudian data tersebut nanti diserahkan ke Dinas Pariwisata Paluta dan untuk langkah  Dinas Pariwsata selanjutnya akan kita dampingi" ujarnya.

Namun katanya, jika Pemkab Paluta sudah mendirikan museum dan  meminta SK asli pejuang 45 dan arsip arsip lainnya milik Kakeknya terkait.Dia mengaku akan  menitipkannya dengan suka rela untuk dipajang dimuseum teresebut sebagai arsip sejarah daerah Paluta.

Sementara itu,Kadis Pariwisata Paluta Eva Sartika Siregar didampingi Kabid Kebudayaan Amrijal Pulungan tampak mendukung dan mengapresiasi rencana tersebut.

"Itu ide yang bagus, Forum inilah nanti akan kita jadikan salah sumber yang akan kita gali tentang cerita perjalananan para tokoh tokoh pejuang 45' asal Paluta dan dokumen dokumen dan peninggalan peninggalan yang sudah terdatapun kita tahu" ungkap Eva.(GNP)


Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini