Operasi Zebra Toba Tahun 2019, Ada 7 Prioritas Pelanggaran Jadi Sasaran

Sebarkan:
TOBASA | Polres Toba Samosir (Tobasa) lakukan Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Toba Tahun 2019 di Lapangan Mako Polres Tobasa Siantar Narumonda, Kabupaten Toba Samosir Rabu (23/10/2019).

Apel gelar pasukan tersebut dilakukan guna mengetahui sejauh mana kesiapan personel ataupun sarana pendukung lainnya, sehingga kegiatan operasi Zebra Toba 2019 dapat berjalan dengan optimal dan dapat berhasil sesuai dengan tujuan Serta sasaran yang telah ditetapkan.

Dalam Sambutannya, Kapolres Tobasa AKBP Agus Waluyo, Sik mengatakan bahwa Operasi Zebra Toba 2019 ini akan dilaksanakan selama 14 hari terhitung mulai tanggal 23 Oktober sampai dengan 5 November 2019.

"Perlu diketahui bersama bahwa data jumlah kecelakaan Lalu Lintas pada pelaksanaan Operasi Zebra Toba 2018 adalah sebanyak 88 kejadian, mengalami kenaikan sebanyak 2 kejadian atau trend naik sebesar 2% apabila dibandingkan dengan periode sebelumnya tahun 2017 yang mengalami kecelakaan sebanyak 86 kejadian," sebut Agus Waluyo.

Lanjutnya, jumlah korban meninggal dunia pada pelaksanaan Operasi Zebra Toba tahun 2018 adalah sebanyak 23 orang, mengalami kenaikan sebanyak 1 orang atau trend naik sebesar 4% dibandingkan periode yang sebelumnya di tahun 2017 yang meninggal sebanyak 24 orang.

Perlu diketahui bahwa, jumlah pelanggaran lalu lintas operasi Zebra Toba Tahun 2018 sebanyak 4.014, sedangkan pelanggaran lalu lintas tahun 2017 sebanyak 4.648, mengalami penurunan sebanyak 634 atau trend turun 13,6% dengan jumlah tilang sebanyak 2.950 lembar dan teguran sebanyak 1.064 lembar, sedangkan tahun 2017 jumlah tilang sebanyak 3011 lembar dan teguran sebanyak 1.637 kembar.

Dalam mengatasi permasalahan bidang lalu lintas tersebut perlu dilakukan sebagai upaya untuk menciptakan situasi Kamseltibcar lantas dengan memberdayakan seluruh stakeholder, supaya dapat diambil langkah yang komprehensif dan menyelesaikan permasalahan lalu lintas dengan tuntas.

Adapun beberapa prioritas pelanggaran yang menjadi sasaran operasi Zebra Toba tahun 2019 kali ini yakni,  Pengemudi menggunakan handphone, pengemudi melawan arus, pengemudi sepeda motor berboncengan lebih dari satu, Pengemudi dibawah umur, Pengemudi dan dan penumpang sepeda motor tidak menggunakan helm SNI, Pengemudi kendaraan bermotor menggunakan narkoba/mabuk dan Pengemudi berkendara melebihi batas kecepatan yang ditentukan.

Pada pelaksanaan Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Toba Tahun 2019 ini turut dihadiri oleh jajaran Polres Tobasa, Kadis Kominfo Tobasa Lalo Hartono Simanjuntak, Kadis Kesehatan Julian Hutapea, Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Wilker Siahaan, Kabid Kominfo Jhonson Sirait, Personil TNI, personil satpol PP Tobasa, Serta undangan lainnya. (OS)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini