Ratusan Umat Islam Lakukan Aksi Demo di Depan Gedung Apatermen Perum

Sebarkan:
MEDAN | Ratusan umat Islam melakukan unjuk rasa di depan gedung Aptermen Sukaramai milik Perum Perumnas di Jalan Nikel Medan, Pascapenyerangan yang terjadi di Masjid Amal Silaturahmi (MAS).

Kedatangan umat Islam yang tergabung dalam Aliansi Penyelamatan Masjid Amal Silaturahmi (APMAS) di Jalan Timah Putih, Kelurahan Sukaramai, Kecamatan Medan Area, pada Selasa (22/10/2019) kemarin.

Menurut salah seorang orator dari atas mobil komando, jika melihat video CCTV milik masjid yang beredar luas di medsos akan terlihat jelas siapa pelaku penyerangan dan pencuri fasilitas milik masjid.

Dalam tuntutannya massa meminta polisi untuk bertindak cepat mengamankan para pelaku, di antaranya;

1.Mengecam keras tindakan penyerangan, pengerusakan dan pencurian fasilitas Masjid Amal Silaturahmi.

2. Meminta kepada Polda Sumut dan jajaran untuk segera menangkap para pelaku dan mengusut tuntas para aktor intelektual di belakang penyerangan fasilitas Masjid Amal Silaturahmi.

3. Mendesak kepada Gubernur Sumut dan jajaran untuk memanggil pimpinan Perum dan segera memerintahkan untuk menyelesaikan permasalahan Masjid Amal Silaturahmi dalam secepatnya.

BACA JUGA : Ketua DMI Sumut Mengutuk Tindakan Biadab Pengerusakan Masjid Amal Silaturahmi Medan

Ketua BKM Masjid Amal Silaturahmi, Indra Syafi’i mengatakan ada pihak ketiga yang mengompori dan menjanjikan para pelaku untuk merusak masjid.

"Mereka menyuruh preman-preman untuk merusak fasilitas masjid. Ada ancaman untuk meruntuhkan masjid dan segala macam," kata Indra, Jum'at (25/10/2019).

"Kita minta kepada pihak kepolisian untuk menangkap para pelaku. Jangan sampai kami yang menangkap. Kalau kami yang menangkap, kami tidak tahu apa yang akan terjadi pada mereka," sambungnya.

Indra menjelaskan bahwa polisi tidak boleh tinggal diam dalam kasus ini. Polisi harus segera menangkap pelaku agar permasalahan ini selesai dan terungkap siapa aktor dibelakangnya.

Ditegaskan Indra, Masjid Amal Silaturahmi tidak bisa dipindahkan. Ada upaya Perumnas untuk mengambil, karena mereka tidak bisa meruntuhkan masjid tersebut.

"Kita tidak masalah masjid baru jalan, masjid lama juga jalan. Silahkan karena semua masjid sama. Tapi kalau mereka mau rusak masjid kami, kami siap untuk melawan," tegasnya.

Camat Medan Area, Hendra Asmilan mengatakan bahwa dari hasil pertemuan di Kantor Wali Kota akan dibentuk tim untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi di Masjid Amal Silaturahmi.

"Kita akan cari jalan keluar yang betul-betul baik untuk masing-masing-masing pihak," kata Hendra.

Hendra menjelaskan bahwa nantinya tim yang dibentuk akan melihat. Di mohon masing-masing pihak untuk bersabar dan saling menjaga kondusivitas sampai hasil investigasi tim yang dibentuk selesai.

Sementara itu, Kapolsek Medan Area Kompol Anjas Asmara Siregar mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan pemeriksaan kepada sejumlah orang.

"Untuk yang dimintai keterangan dari Polsek sudah ada 7 orang. Kemarin dari Polrestabes juga ada melakukan pemeriksaan. Yang pasti ini masih proses penanganan pihak hukum," kata Anjas.

Anjas menjelaskan mereka yang diperiksa berasal dari pihak yang berkompeten dalam permasalahan tersebut. Polisi tetap melakukan penjagaan dan pengamanan serta patroli.

"Alhamdulillah saat kejadian tidak ada korban," jelas Anjas.

Untuk diketahui, penyerangan diduga terkait dengan Perum Perumnas, yang tengah membangun proyek rumah susun di kawasan itu.

Masjid itu sendiri ingin dipindah oleh Perumnas, namun mendapat penolakan keras dari warga dan jemaah masjid.

Polemik pemindahan masjid ini sendiri sudah berlangsung setidaknya dalam tiga tahun terakhir.

Menurut warga, Perumnas tidak memilik alas hak untuk memindahkan masjid itu karena merupakan wakaf.

Dugaan aksi penyerangan sekelompok orang itu diorganisir oleh Perumnas semakin menguat karena sebelum melakukan penyerangan, mereka terpantau berkumpul di rusun yang dibangun Perumnas.

Jumlah orang yang berkumpul di situ cukup banyak, antara 50 hingga 70 orang. Kemudian mereka merangsek ke masjid, mengambil barang-barang.

Mobil yang terparkir di halaman masjid juga disuruh keluarga. Jika tidak mematuhi suruhan itu, akan dibakar.

Kontak infaq, AC, kipas angin dan inventaris masjid juga diambil, beberapa barang lainnya dirusak.

Kemudian, setelah penyerangan, barang-barang yang sebelumnya diambil dari dalam masjid, ternyata dibawa dan disimpan di rusun itu.

Oleh polisi dan warga, barang-barang itu kemudian dibawa kembali ke masjid. Hanya saja, kondisinya sudah rusak.

Penyerangan itu kemudian dilaporkan ke polisi. Warga juga membawa serta rekaman CCTV yang merekam aksi penyerangan itu.(sigit)
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini