DEM Aceh Serahakan Bantuan Aquaponik Bersistem Panel Surya Ke Dayah Darul Mu’arif Al-Azizyyah

Sebarkan:

ACEH |
Dewan Energi Mahasiswa Aceh dalam acara kegiatan DEM Aceh Saweu Dayah yang bertempat di Gampong Padang sakti, Kec. Muara Satu, Kota Lhokseumawe, Menyerahkan bantuan Aquaponik bersistem panel surya kepada Dayah Darul Mu’arif Al-Azizyyah. Selasa (27/4/2021).

Kegiatan ini dalam aspek mendorong dan Meningkatkan Kreativitas serta inovatif Santri dan Satriwati.

Dalam Acara Saweu Dayah ini, sekaligus penyerahan Aquaponik yang bersistem panel surya kepada Dayah Darul Mu’arif Al-Azizyyah juga dihadiri oleh Kapolres Lhokseumawe, Dandim 0103 Aceh Utara, Polsek dan Danramil Muara Satu serta dihadiri juga oleh Aparatur Pemerintahan Gampoeng Padang Sakti.

Dalam sambutan pembukan yang diawali oleh Ketua Dewan Energi Mahasiswa (DEM) Aceh Didi Supriadi, mengatakan kepada media, dalam sambutannya ia menjelaskan bahwa hadirnya alat ini yang memamfaatkan energi baru terbarukan (EBT) bisa menjadi Sebagai Sumber Alternatif energi masa depan nantinya, sehingga dapat berdaulat secara energi serta mandiri secara ketahanan pangan terlebihnya kepada dayah ini. 

"Kita ketahui Ketahanan suatu bangsa dapat diukur dari ketahanan energi nasional. Ketahanan ini adalah kondisi terjaminnya ketersediaan energi dan akses masyarakat terhadap energi tersebut pada harga yang terjangkau dalam jangka panjang dengan memperhatikan perlindungan pada lingkungan hidup," ungkapnya

"Seperti kegiatan Saweu Dayah ini, dimana kami menghadirkan suatu Hidroponik yang Bersistemkan panel surya yaitu Aquaponik, supaya kita dapat mendukung Pemerintah dengan pengembangan yang akan diciptkan kedepanya. Dengan melihat energi yang ada ini sangat banyak yang dapat dimamfaatkan, pada saat ini kita Masih memamfaat energi posil yang dalam waktu kewaktu bisa habis dalam jangka -+50 tahun kedepan nanti, maka untuk itu perlunya kita meningkatkan energi baru Terbaru (EBT) dalam mendongkrak kelangsungan Hidup orang banyak, ini juga dalam aspek meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat juga," ujarnya

Ia juga menyampaikan, bahwasanya Indonesia sudah saatnya mengikuti trend masyarakat dunia yang mulai memamfaat energi baru terbarukan (EBT) untuk mengurangi dampak perubahan iklim.

Dalam kata sambutan Selanjutnya Berkesempatan Dari Jajaran Kepolisian Resor (POLRES) Lhokseumawe yang di wakili oleh BINMAS Lhokseumawe  Bapak AKP Fazli, dalam sambutanya pertama yang paling ia ucapkan Ia Sangat Memberikan Apresiasi serta dukungan kepada Dewan Energi Mahasiswa Aceh yang melakukan kegiatan Begitu sangat Positif dengan memberikan Bantuan Aquaponik ini, juga bisa meningkatkan penghasilan masyarakat dalam Memamfaatkan Sinar Matahari yg dialirkan KePanel Surya tersebut, sehingga tidak banyak mengeluarkan Biaya dan tidak tidak pencemaran udara, ini suatu bentuk kegiatan yang harus dikembangkan untuk kedepannya.

Tambahnya, Apalagi dengan keadaan Indonesia yang masih terkena Musibah Wabah Covid-19 sampai saat ini, Semoga Musibah yang kita hadapi ini bisa Segera Membaik. Dengan adanya kegiatan ini, merupakan salah satu bentuk kepedulian terhadap orang banyak pastinya, dengan memamfaat lahan dipekarangan rumah dan tidak menghabiskan lahan yang banyak, kita bisa sekaligus mengembangkan Dua jenis produksi Seperti sayuran dan Ikan pada kegiatan Edukasi dan Penerapan Aquaponik yang Bersistem Panel Surya ini.

Semoga kedepanya DEM Aceh Bisa terus membawa Perubahan Untuk kemajuan Bangsa dan kesejahteraan umat.

Dan kata Sambutan sekaligus penutup yang diberikan Oleh Mahlil sebagai Ketua Project Kegiatan Saweu Dayah, ia mengatakan kami dari DEM Aceh dalam kegiatan ini yang bertujuan supaya masyarakat bisa lebih maju dan berkembang dalam melihat kemajuan dari zaman kezaman, agar bisa bersaing dan pastinya bisa meningkatkan pertumbuhan Ekonomi Masyarakat terlebih bisa membantu kebutuhan yang ada yang sebelumnya kita harus membeli ini kita bisa menikmatinya dengan hasil kita sendiri.  

"Semoga kegiatan yang kami lakukan bisa menjadi daya dorong menumbuh kembangkan kreativitas dan Inovatif masyarakat dengan memamfaatkan Energi Baru Terbarukan dalam meningkatkan kebutuhan sektor pertanian di bagian ketahan pangan terlebih kepada Dayah Darul Mu’arif Al-Azizyyah," tutupnya (Sigit)
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini