HUT Kota Medan ke 432 Tahun, Fadly Akbar Darus Sebut Momentum Kebangkitan UMKM

Sebarkan:
Ketua Kadin Medan Fadly Akbar Darus

MEDAN |
Kota Medan kini berusia 432 tahun, banyak hal perubahan. Terlihat penataan semakin rapi, kebersihan sudah tampak di masing - masing Kelurahan, infrastruktur jalan dan drainase terus dibenahi. 

Momentum hari jadi Kota Medan ini setidaknya menjadi kebangkitan sektor ekonomi yang kondisinya selama pandemi sempat mengalami stagn bahkan cenderung koleps.

Namun berkat kebajikan atau policy Wali Kota Medan Bobby Nasution, kondisi ekonomi Kota Medan tidak seburuk seperti Kota lainnya. Transaksi perdagangan masih berjalan, terutama sektor UMKM yang berkontribusi bagi stabilitas ekonomi Kota Medan.

"Pandemi kemarin hampir seluruh sektor ekonomi mengalami penurunan dari sisi pendapatan, produksi nyaris tidak berjalan, akibat banyak pekerja yang di rumahkan, namun sektor UMKM mampu bertahan dalam kondisi di saat pandemi, walaupun secara profit jauh dari harapan, namun masih bisa bernafas dan alhamdulilah lambat laun kondisi ini bisa berjalan baik hingga sekarang," ucap Fadli Akbar Darus Ketua Kadin Medan, saat bincang seputar HUT Kota, Sabtu (2/7/2022).

Pengusaha muda yang energik ini pun menambahkan, bahwa kepemimpinan Wali Kota Medan Bobby Nasution selama pandemi cukup peduli terhadap sektor UMKM, sebab sektor ini sudah teruji dalam kondisi sulit bagaimanapun, UMKM masih bisa bertahan.

Berbagai regulasi dan kebijakan Pemerintah Kota Medan di sektor ini memberikan harapan bahwa UMKM Kota Medan mampu berkontribusi bagi pertumbuhan ekonomi di Kota Medan.

"Program Wali Kota Medan menjadikan UMKM sebagai home base jelas melalui program satu kelurahan satu UMKM, artinya ekonomi bergerak mulai dari Kelurahan secara simultan dan kita yakin tiap lebih dari satu jenis usaha mikro dan jika ini di dorong, maka stabilitas ekonomi Kota Medan akan kuat," tambahnya

"Tinggal bagaimana mendistribusikan hasil UMKM ke pasar dan berbagai terobosan sudah di kerjakan Pemko Medan bekerjasama dengan organisasi profesi Kadin, HIPMMI, dan lainnya terus bersinergi termasuk perusahaan start up dan sebagainya," tambah pengusaha properti ini.

Disamping itu Kadin Medan bersama asosiasi Himpunan Pengembang Perumahan dan Permukiman Rakyat Sumatera Utara (HIMPERRA SUMUT) dan juga pihak perbankan sebagai penyalur financing untuk pembiayaan rumah juga sedang menjajaki di sektor perumahan terkait  0 dp bagi masyarakat berpenghasilan rendah agar bisa memiliki rumah sederhana.

"Kadin Medan siap bekerjasama dengan Pemko Medan untuk menyiapkan hunian sederhana tanpa DP atau 0% bagi masyarakat yang berpenghasilan rendah, sebab pasca pandemi geliat ekonomi mulai bangkit termasuk sektor perumahan.

"Untuk rencana kedepan pasca pandemi kondisi makro ekonomi masyarakat segera pulih dan Kadin Medan siap berkolaborasi bersama Pemko Medan untuk penyediaan rumah murah dengan DP 0 Rupiah, tentunya nanti kami juga akan bekerjasama dengan HIMPERRA dan perbankan, ini dikhususkan bagi masyarakat berpenghasilan kecil yang berkeinginan memiliki rumah, maka kami siap melaksanakannya," ucap Ketua Kadin Medan ini.

Fadli berharap momentum hari jadi Kota Medan yang ke 432 tahun ini semakin mempertegas orientasi pembangunan Kota Medan ke arah yang lebih baik.

"Dirgahayu Kota Medan, semoga Kota ini semakin maju dan terus berkembang, berkah Kotanya, sehat pemimpinnya dalam memimpin 2,5 juta warga Kota dan sejahtera warganya, inilah harapan dari seluruh warga Kota," tutupnya.(Sigit)
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini