Jembatan yang Ambruk di Desa Tanjung Rejo Dapat Perhatian Dari Pangdam l BB, Puluhan Personil di Kerahkan

Sebarkan:


DELISERDANG |
Panglima Daerah Militer (Pangdam) I BB Mayjend TNI Daniel Chardin, bersama sejumlah anggotanya mendatangi lokasi jembatan yang ambruk di Desa Tanjung Rejo, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deliserdang. 

Kedatangan orang nomor satu dikemiliteran Provinsi Sumatera Utara pada Rabu (10/8/2022) itu, merupakan bentuk rasa peduli terhadap keluhan masyarakat di Paluh Merbau Desa Tanjung Rejo, Kecamatan Percut Sei Tuan.

Keluhan masyarakat Desa Tanjung Rejo itu dikarenakan ambruknya jembatan sementara pada Sabtu kemarin yang disebabkan oleh alat berat escavator, milik Dinas PUPR Deliserdang, yang sengaja melintas diatas jembatan.

Tak sebandingnya daya tahan kekuatan jembatan dengan berat bobot alat berat tersebut, jembatanpun akhirnya ambruk hingga rusak lebih kurang sepanjang 25 meter.

Akibatnya, aktivitas masyarakat setempatpun lumpuh total dan anak-anak yang pergi kesekolah jadi terlantar. Bahkan masyarakat setempat juga merugi dikarenakan hasil tani dan hasil ternaknya tidak bisa dibawa untuk dijual. 

Melihat kondisi itu Pangdam I BB Mayjend TNI Daniel Chardin, akhirnya menurunkan anggotanya sebanyak 120 personel gabungan dari Yon Zipur I DD dan Kodim 0201 BS. Tujuannya untuk turut membantu memperbaiki jembatan yang menjadi satu-satunya sebagai akses jalan penghubung itu.

Kepada wartawan Mayjend TNI Daniel Chardin, S.E., M.Si., menyampaikan bahwa TNI akan membantu pembangunan jembatan sampai selesai.

" TNI akan bantu pembangunan jembatan sampai selesai dan kita akan turunkan alat berat untuk memacak tiang tiang pondasi",sebut Daniel.

Dikatakannya, pihaknya akan berada dilokasi hingga sampai jembatan yang ambruk benar-benar selesai dan aktivitas masyarakat kembali berjalan normal seperti biasa.

"Jika nanti sudah selesai, jangan sampai ada lagi alat berat yang lewat melebihi kapasitas ketahanan jembatan seperti yang terjadi kemarin", tegasnya.

Atas bentuk rasa kepedulian itu, masyarakat dilokasipun mengapresisasi dan berterimakasih kepada Pangdam I BB Mayjend TNI Daniel Chardin, yang telah peduli kepada masyarakat Desa Tanjung Rejo.

"Kami masyarakat Desa Tanjung Rejo, mengucapkan rasa terimaksih yang sebesar-besarnya kepada Pangdam I BB bapak Mayjend TNI Daniel Chardin, yang telah peduli bahkan langsung hingga datang melihat jembatan kami yang ambruk dan menurunkan anggota TNI untuk membantu memperbaiki jembatan kami yang ambruk,"sebut Rudi Hartono seorang tokoh masyarakat.

Dalam kunjungan itu, Pangdam I BB Mayjend TNI Daniel Chardin, S.E., M.Si., turut didampingi As Ops Kodam I BB Kolonel Inf Hindratno Devidanto, As Ter Kodam I BB Kolonel Arh. Dedik Ermanto , S.I.P, M.T., Danyon Zipur I DD Mayor CZi Nur Rahmat Khaeroni, Kasdim 0201 BS Letkol Z.E. Rambe dan didampingi Rudi Hartono, salah satu tokoh masyarakat di Desa Tanjung Rejo.

Diberitakan sebelumnya, jembatan sementara sebagai akses jalan penghubung masyarakat Paluh Merbau Desa Tanjung Rejo, Kecamatan Percut Sei Tuan ambruk pada Sabtu (6/8/2022) sekira pukul 01.00 WIB.

Hal itu disebabkan oleh alat berat eskavator milik Dinas PUPR Deliserdang, dengan bobot diperkirakan seberat 15 ton melewati jembatan sementara tersebut yang hanya mampu menahan beban seberat 2 ton dan akhirnya jembatanpun ambruk dan rusak sepanjang lebih kurang 25 meter. (hrp) 

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini