Didukung Para Aktifis Sosial, PBH Solidaritas Siap Berikan Bantuan Hukum Gratis Pada Kaum Marjinal

Sebarkan:


MEDAN | 
Perkumpulan Bantuan Hukum SOLIDARITAS yang telah berdiri sejak tahun 2015, kembali mendapat dukungan dari sejumlah aktifis sosial Kota Medan. Sebagai simbol semangat baru ini, organisasi tersebut, kemarin (16/7/2023) meresmikan kantor cabang khususnya di Jalan Malaka No. 153, Kelurahan Pandau Hilir, Kecamatan Medan Perjuangan, Kota Medan.

Meski dilangsungkan secara sederhana, namun tak menyurutkan antusias para tamu undangan untuk hadir pada acara peresmian kantor tersebut. Bahkan, sepanjang Jalan Malaka hingga ke sejumlah pelosok gangnya dipenuhi papan karangan bunga ucapan dari para pengusaha, anggota dewan, petinggi TNI dan Polri. Papan bungan dari Menteri Hukum dan HAM, Prof. Yasonna Hamonangan Laoly, S.H., M.Sc., Ph.D juga turut serta meramaikan.

Pengusaha yang juga mantan politisi senayan, Parlindungan Purba dalam sambutannya di sela-sela acara itu mengatakan, dirinya sangat mengapresiasi keberadaan PBH Solidaritas ini. Mantan Anggota DPD RI tersebut berharap, organisasi ini bisa memberikan akses hukum kepada kaum masyarakat yang membutuhkan.

“Coba rekan-rekan pengurus pantau berbagai persoalan hukum yang terjadi di tengah-tengah masyarakat, khususnya di Kota Medan ini. Apakah dari segi fasilitas umum seperti jalan rusak misalnya, karena ada sejumlah warga yang menjadi korban. Nah, bagaimana ini dari segi hukum? Kita kedepankan bisa duduk bersama-sama dengan pemerintah untuk menyelesaikannya,” kata pemilik Rumah Sakit Umum Sari Mutiara, Lubuk Pakam ini.

Masih dilanjutkan Parlindungan Purba, pengurus PBH Solidaritas juga disarankan untuk turun ke lapangan, khususnya kepada kaum marjinal seperti masyarakat nelayan. Sebab menurutnya banyak sekali warga pinggiran itu yang bermasalah dengan hukum namun terbatas dalam mengakses bantuan hukum.

Handoko Hardjono, pengusaha Advertising Kota Medan juga turut hadir pada acara tersebut. Dirinya juga mengapresiasi atas keberadaan PBH Solidaritas, apalagi organsasi ini telah menyatakan komitmennya untuk siap berjuang memberikan keadilan kepada masyarakat yang membutuhkan akses bantuan hukum.

Berkat dukungan dari kedua tokoh tersebut, Ketua Pembina PBH Solidaritas, Lidya Fransisca langsung menawarkan posisi untuk bisa bersama-sama menjadi pembina di organisasi ini. “Saya percaya dengan keberadaan Bapak Palindungan Purba dan Koko Handoko Hardjono, organisasi kita ini akan lebih dahsyat lagi ke depannya,” harap aktifis sosial Kota Medan itu.

Gindo Nadapdap SH MH selaku Ketua PBH Solidaritas didampingi Sekretaris Jonson David Sibarani SH MH dan Bendahara Sudirman SH alias Asiong mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah memberikan dukungan baik moril mau pun materil kepada organisasi ini. Oleh karenanya, mereka berjanji akan mengabdikan diri dengan memberikan kemampuan tenaga dan fikiran guna memberikan keadilan kepada masyarakat yang membutuhkan akses bantuan hukum.

Ditimpali Jonson, pihaknya siap menerima permintaan bantuan hukum dari semua kalangan yang membutuhkan. "Jadi tidak hanya mereka yang memiliki ekonomi berkecukupan saja yang bisa mendapatkan akses bantuan hukum di organisasi kita ini. Masyarakat yang tidak mampu secara finansial juga akan kita berikan akses bantuan hukum, namun tentunya dengan memenuhi sejumlah persyaratan, salah satunya mengurus Surat Keterangan Tidak Mampu dari pemerintahan sesuai domisilinya," ujarnya. 

Sekedar informasi, selain di Jalan Malaka No 153, bagi masyarakat yang membutuhkan bantuan hukum dari PBH Solidaritas, dapat juga mengunjungi beberapa kantor lainnya, yaitu Kantor Pusat di Villa Permata Indah No.A-14, Jl. Pertahanan, Patumbak, Kabupaten Deli Serdang, Kantor Cabang 1 di Jalan KLY Sudarso KM 7,2 NO.35-E, Lantai II, Kelurahan Tanjung Mulia Hilir, Kecamatan Medan Deli, Kota Medan, serta Kantor Cabang 2 di Jalan Kapten Piere Tendean No.1, Kelurahan Pekan Binjai, Kecamatan Binjai Kota, Kota Binjai.

Ada pun susunan pengurus PBH Solidaritas, yaitu,

PEMBINA:

Ketua                    : Lidya Fransisca

Pembina 1           : Parlindungan Purba

Pembina 2           : Handoko Hardjono.

Pembina 3           : Hendrawan Surya

PENGAWAS:

Ketua                     : Ercries Sandhi SH

Wakil 1                  : Nini Tan

Wakil 2                  : Calvin Stanley S.Kom

PENGURUS:

Ketua                    : Gindo Nadapdap SH MH

Sekretaris       : Jonson David Sibarani SH MH

Bendahara          : Sudirman SH

Bidang Advokasi & Bantuan Hukum :

Koordinator        : Tongam Prengki Lawi SS SH.

Staf                        : 1) Arisvandi SH

  2) Fahrunnisa Harahap SH

  3) Frindi Wong SH, MM, BKP

  4) Roy Tambunan SH

  5) Darso Riyo SH

  6) Frindi Wong, S.H., M.M., BKP

Staf Riset & Kampanye :

1) Ian Purba SH

2) Padma Yexe

3) Ponimin

4) Sindy Lie

5) Lie Yung Kwang

6) Fifi Chastine

7) Helen Wijaya

8) Tek Huat

Staf Administrasi & Kesekretariatan:

1) Nico Tinambunan. (red)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini