1 Warga Kabupaten Batu Bara Terkomfirmasi Positif Covid 19, Bupati dan Kadis Kesehatan Gelar Swab Antigen Gratis

Sebarkan:

BATUBARA |
Dari 1 orang warga terkomfirmasi positif Covid'19, Kemudian menjadi 16 orang warga dua Dusun Tanjung Selamat Desa Tanjung Sigoni, Kecamatan Medang Deras,  Kabupaten Batu Bara terkonfirmasi positif Covid-19. 

Atas temuan itu, Bupati Batubara Ir Zahir MAP memerintahkan Dinas Kesehatan setempat untuk melakukan Penyelidikan Epidemiologi (PE) dan Tracking terhadap warga dusun IV dan Vl  Tanjung Selamat, Desa Tanjung Sigoni. Kamis (21/01/21). 

Kadis Kesehatan Batu Bara Dr. Wahid Kusairi menyampaikan, 16 orang itu didapat hasil adanya 1 orang terkonfirmasi positif Covid-19, sehingga petugas medis Puskesmas Lalang berupaya merapid test kepada 331 orang warga di dua dusun tersebut. Dari 16 orang satu di antaranya meninggal di Rumah Sakit Medan tanggal 17 Januari 2021 kemarin. 

"Dinkes sampai saat ini masih melakukan tracing untuk melacak kontak erat dengan 16 orang ini dan tadi ada 2 orang reaktif," ujar Kadis

Menurut Wahid, cluster terkonfirmasi positif daerah bersifat orang tanpa gejala (OTG)  karena daerah ini bersifat klinis satu tumpukan daerah konsentrasi dan orang ini memiliki kontak Rat hubungan itu sebanyak 331 orang. Atas perintah Bupati melakukan streaming dengan melakukan pemeriksaan rapid test antigen jika nanti ditemukan kasus ini ada yang reaktif kita akan tingkatkan menjadi pemeriksaan fisik dan alhamdulillah sampai siang hari ini kita sudah melakukan teaching dan streaming. 

"Kami menghimbau kepada seluruh masyarakat khususnya di sekitar Desa Tanjung Sigoni untuk yang sudah berkontak dengan orang tersebut untuk melakukan isolasi Mandiri dan menerapkan protokol kesehatan. Demikian untuk seluruh masyarakat Batu Bara tetap meningkatkan kewaspadaan," pinta Wahid

Sebab lanjut Kadis, tren dari pada kasus ini semakin meningkat oleh karenanya protokol kesehatan harus tetap dijaga, tetap memakai masker, menjaga jarak di dalam setiap aktivitas dan senantiasa mencuci tangan sebelum dan sesudah kegiatan. 

Dari pantauan awak media kegiatan ini turut diikuti Camat Medang Deras Efendi ST, Ka Puskesmas Lalang dr Rahmawani Akmal, Kanit Binmas Polsek Medang Deras Aiptu Santoso dan petugas medis Puskesmas. (Tim/ptr)
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini