Untuk Pertama Kalinya di Sumut, Latihan Integrasi Taruna Wreda Nusantara Digelar di Percut Sei Tuan

Sebarkan:


Deli Serdang |
Untuk pertama kalinya Latihan Integrasi Taruna Wreda Nusantara (Latsitardanus), merupakan kegiatan kurikulum integratif taruna dewasa akademi TNI-Polri, jelang akhir pendidikan taruna tingkat IV digelar di Aula Komplek Citra Land Bahagia City Jalan Pasar V Timur, Desa Medan Estate, Kecamatan Percut Sei Tuan, Deliserdang, Selasa (20/4/21).

Kegiatan Latsitardanus XLI/2021 SATLAK/KIJANG yang dibuka langsung oleh Kapolsek Percut Sei Tuan AKP Janpiter Napitupulu SH.MH itu, selain bertajuk tentang penyuluhan tingkat kesadaran hukum juga tentang penyuluhan narkoba.

 "Latihan integritas Taruna Wreda Nusantara (Latsitardanus) bertujuan memupuk kemanunggalan TNI-Polri dengan rakyat. Selain itu juga menanam dan menumbuh kembangkan jiwa cinta tanah air serta semangat integrasi para taruna/i TNI-Polri dan rakyat,"tutur Janpiter, ditengah kegiatan berlangsung.

Dikatakannya, wilayah hukum Polsek Percut Sei Tuan, terdiri dari dua kecamatan diantaranya kecamatan Medan Tembung dan kecamatan Percut Sei Tuan. Sementara jumlah tindak pidana yang ditangani setiap bulannya sebanyak 200 kasus.

"Meskipun jumlah personel terbatas, tapi kita mampu menyelesaikannya sebanyak 45 kasus setiap bulannya,"ujarnya. 

Janpiter menyebutkan, pihaknya juga tetap melakukan tindakan Prefentif, dengan berbagai upaya. Seperti melaksanakan rutin patroli, penyuluhan ataupun pengarahan kepada masyarakat melalui Problem Solving serta menjalin kerja sama dengan kepala desa, tokoh agama, pemuda dan pemuka adat. 

"Selain prefentif, kita tetap melakukan penindakan (refresif). Namun, tindakan itu khusus terhadap perkara tindak pidana yang terjadi dengan melakukan penyelidikan dan penyidikan secara profesional. Hasilnya, sudah 110 kasus yang bisa kami selesaikan tiap bulannya,"sebutnya. 

Dengan terselenggaranya kegiatan pertama kali ini, AKP Janpiter Napitupulu berharap para peserta baik dari taruna/i, mahasiswa, pelajar dan karang taruna termotivasi untuk selalu menuntut ilmu. Sehingga apa yang dicita-citakan dapat terwujud hingga menjadi kebanggaan bagi diri sendiri serta keluarga. 

"Untuk meraih itu, saya berpesan supaya para peserta dan pelajar mampu memimpin dirinya sendiri dari berbagai pengaruh buruk serta pengaruh bahayanya narkoba yang dapat merusak generasi bangsa. Karena itu merupakan poin yang sangat penting dalam menggapai apa yang dicita-citakan agar dapat terwujud,"ujar Janpiter. 

Disela kegiatan, Janpiter memberikan Ulos kepada para peserta Latsitardanus, mahasiswa dan pelajar sebagai bentuk cinderamata.(Eno) 

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini