Kirim Utusan Hadiri IMT-GT Meeting di Batam, Sekda Pemprovsu Ajak Desni dan Abaikan OPD Terkait

Sebarkan:

MEDAN |
Utusan Pemerintah Provinsi Sumatera (Pemprovsu ) yang dikirim menghadiri pertemuan Indonesia Malaysia Thailand – Growth Triangle (IMT-GT) di Batam 29 September lalu mengundang keheranan banyak pihak. 

Betapa tidak, Sekda Arief Sudarto Trinugroho selaku ketua rombongan Tidak Menyertakan sejumlah pimpinan Organisasi Pemerintahan Daerah (OPD) yang seharusnya mengikuti acara itu. Ia justru mengajak Kepala Biro Organisasai, Desni Maharani Saragih.

Padahal posisi Kepala Biro Organisasi sama sekali tidak ada kaitannya dengan pertemuan itu. IMT-GT Meeting lebih banyak membahas kerjasama sektor pariwisata, ekonomi dan sektor perikanan. Senin (9/10/2023).

Sementara Biro Organisasi lebih banyak mengurus masalah administrasi dan internal Organisasi Pemerintah daerah Provinsi Sumatera UtaraAnehnya, Sekda Arief Trinugroho lebih mengutamakan kehadiran Kepala Biro Organisasi untuk menghadiri pertemuan tersebut. 

Hal ini yang mengundang keheranan para ASN di lingkup Pemprovsu. Dalam grup WhatsApps para ASN, masalah ini menjadi topik yang hangat didiskusikan karena memunculkan kembali kabar tentang adanya hubungan istimewa antara Desni Maharani Saragih dengan Arief Trinugroho yang sempat mencuat beberapa waktu lalu.

Sudah menjadi perbicangan di kalangan ASN Pemprovsu kalau Desni Maharani dan Arief punya kedekatan khusus sejak keduanya sama-sama bertugas di bidang perizinan.

Bahkan mencuat kabar kalau naiknya Desni sebagai Kepala Biro Organisasi tidak lepas dari dukungan Sekda Arief. Saat seleksi pejabat eselon II berlangsung beberapa waktu lalu, sejak awal Desni Maharani sebenarnya berada di posisi terakhir dari lima kandidat yang ikut seleksi.

Namun di akhir seleksi, tiba-tiba saja namanya melonjak ke urutan pertama hingga akhirnya terpilih sebagai Kepala Biro. Hubungan istimewa antara Arief Trinugroho dan Desni ini sempat mendapat sorotan sejumlah media di Sumatera Utara. 

Apalagi banyak ASN yang tahu kalau Desni sangat sering mengikuti tugas ke luar kota bersama dengan Arief. Wanita itu juga kerap terlihat di ruangan Sekda meski tidak punya urusan terkait. 

Dimasa Gubernur Edy Rahmayadi, isu hubungan istimewa Arief dan Desni sempat menjadi perdebatan terbuka. 

Kemudian isu mereda setelah keduanya tidak lagi menunjukkan hal-hal yang aneh. Namun di masa kepemimpinan Pj Gubernur Hassanudin, Arief dan Desni kembali memperlihatkan hubungan yang janggal.

Keputusan Sekda yang mengikutsertakan Desni di acara IMT-GT Batam beberapa waktu lalu menjadi pemicunya. Setelah acara selesai, beberapa ASN lain yang ikut acara itu sempat melihat kedua insan tersebut menyeberang ke Singapura dan menginap di sana.

"Mungkin target utama mereka sebenarnya mau ke Singapura bersama, bukan untuk acara IMT-GT," ujar salah seorang pejabat Pemprovsu yang beredar di group WA.

Sementara itu baik Desni maupun Arief tidak mau mengomentari masalah ini. Keduanya sepakat bungkam dan menyembunyikan hubungan mereka. 

Kalangan ASN Pemprovsu berharap Pj Gubernur Hassanudin peka melihat kondisi ini agar tidak sampai mengganggu kinerja. Jika tidak, dikuatirkan Sekda Arief Trinugroho akan membuat kontroversi lain dengan melibatkan Kepala Biro Organisasi untuk urusan yang bukan bidangnya demi memberi ruang kepada keduanya berhubungan lebih dekat.(Sigit)
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini